^Back To Top

 
Sistem Penyediaan Air Minum di Kota Brisbane
Australia, merupakan salah satu Negara Federal dari sedikit Negara Federal yang ada di dunia memiliki penduduk lebih dari 20 juta dan luas kurang lebih 7,8 juta km 2 (4 kali lebih besar dari Indonesia yang memiliki luas 2 juta km2). Namun hanya 50% daerah Australia yang dapat ditempati karena di bagian tengah benua adalah daerah berpasir. Australia yang juga merupakan bekas jajahan Ingris terdiri dari 6 negara bagian (state) dan 2 daerah khusus (teritori), yaitu: Queensland (ibu Kota Brisbane), South Australia (ibu Kota Adelaide), West Australia (ibu Kota Perth), Victoria (ibu Kota Melbourne), Tasmania, New South Wales (ibu Kota Sydney). Sedangkan daerah teritori adalah Canbera yang merupakan ibu Kota Australia, dan Northern Teritory (ibu Kota Darwin), suatu daerah dengan penduduk asli Aboringin terbanyak di Australia.
 
 
Diagram Alir Sistem Pengolahan Air Minum Di Kota BrisbaneBrisbane merupakan ibu Kota dari Negara Bagian Queensland, memiliki penduduk 1,027,847 penduduk dengan luas 1,363.7 km2 dan terletak di sebelah Timur Benua Australia seperti dapat dilihat pada peta.
 
Sistem Penyediaan Air Minum di Kota Brisbane adalah melalui perpipaan yang didistribusikan dari West and East Bank Water Treatment Plan yang berada sejauh 60 km dari arah hulu Kota Brisbane. Kapasitas West Bank Water Treatment Plant adalah 250 Mega Liter/hari dan Kapasitas East Bank Water Treatment Plant adalah sebesar 750 Mega Liter/hari. Total kapasitas sebesar 1,000 Mega Liter/hari yang setara dengan 10,000 liter/detik. Sistem Penyediaan Air Minum di Australia selalu menggunakan istilah Juta Liter per hari (Mega Liter/day) untuk mendeskripsikan kapasitas sebuah WTP atau Mega Liter untuk volume waduk maupun artesian (lapisan air di bawah tanah).
 
Sumber air baku berasal dari Waduk Wivenhoe (Wivenhoe Dam) yang dibangun pada tahun 1985 dengan total kapasitas 1,1 Nano Liter (1 x 1012  liter atau 109  m3) untuk bahan baku air minum dan dapat menampung hingga 2,6 Nano Liter (2,6 x 1012 liter) pada saat banjir. Waduk Wivenhoe dibangun sepanjang Sungai Brisbane di daerah utara Kota Brisbane (di daerah Fernvale) berjarak sejauh 80 km dari pusat kota Brisbane. Tujuan utama dibangunnya waduk ini adalah untuk penampungan sumber air baku dan penanggulangan banjir. Tujuan lain adalah sebagai sarana wisata.
 
Jumlah pelanggan saat ini adalah sebanyak 378.000 Sambungan Rumah (Pelanggan Domestik) dan 34.000 untuk komersil atau industri. Dengan kapasitas kedua WTP East dan West Bank sebesar 10,000 liter/detik masih dapat melayani jumlah pelanggan sebanyak 1 juta pelanggan atau setara dengan 5 juta penduduk kota Brisbane. Dengan jumlah penduduk sebanyak 1.5 juta orang maka tingkat pelayanan telah mencapai 100%.  Setiap WTP dikontrol dengan sistem komputer SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) yang dapat memonitor proses melalui peralatan online yang berteknologi tinggi. Zat Fluoride juga ditambahkan pada reservoar Cameron Hill untuk perlindungan kesehatan gigi. Setelah air minum meninggalkan Reservoar Cameron Hill chloride dan ammonia ditambahkan untuk membentuk chloramine yang berfungsi sebagai desinfektan tambahan yang lebih bertahan lama untuk memastikan mikroorganisma yang berbahaya telah disingkirkan. Sehingga dipastikan air telah dapat langsung diminum langsung dari keran pada setiap sambungan rumah.
 
Struktur organisasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di kota Brisbane dapat dilihat pada gambar 6 di bawah ini. Dibagian hulu pihak pemerintah negara Bagian Queensland melalui SEQ Water bertanggung jawab dalam hal pengelolaan waduk Wivenhoe dan catchment area serta pengolahan air minum melalui IPA East Bank dan West Bank. Kemudian Link Water bertanggung jawab penuh pada distribusi air minum dari Reservoar Cameron Hill hingga masuk ke dalam Reservoar Pelayanan di Kota Brisbane. Pada bagian distribusi dan penagihan rekening, Pemerintah Kota Brisbane (Brisbane City Council) melalui Brisbane Water mengelola beberapa sub kontrak Perusahaan Distribusi dan penagihan Rekening.
 

Gambar  6. Struktur Organisasi SPAM di Kota Brisbane
 
Pada tulisan/artikel berikutnya, akan kami sampaikan mengenai Sistem Distribusi Air Minum, pengelolaan Non Revenue of Water (NRW) serta penagihan rekening setelah penulis berkesempatan melihat secara langsung sistem Distribusi yang dikelola oleh Sub Kontrak Perusahaan yang menangani distribusi air Minum di Kota Brisbane. Salam dari Kota Brisbane, Queensland, Australia. **
Sahat P. Siagian, ST
PDAM Tirta Mayang Kota Jambi 
Peserta Beasiswa International Water Centre 2009