^Back To Top

Sistem Distribusi Air Minum di Kota Brisbane
Seperti telah kami ceritakan pada tulisan dengan judul ‘Sistem Penyediaan Air Minum di Kota Brisbane’ pada edisi September 2009 lalu, Kota Brisbane merupakan Ibu Kota Negara Bagian Queensland, Australia, yang terletak di sebelah timur Benua Australia.  Queensland sendiri memiliki 73 Pemerintah Lokal (City Council maupun Regional Council).

Data pada tahun 2008 menginformasikan jumlah penduduk di Kota Brisbane sebanyak 1,027,847 jiwa dan memiliki luas area seluas 1,363.7 km2 (sumber Brisbane City Council). Kota Brisbane merupakan salah satu dari 3 kota besar di Negara Australia setelah Melbourne dan Sydney dan memiliki pertumbuhan penduduk sebesar 2% per tahun rata-rata dalam kurun waktu 8 tahun terakhir. 


Di sini tempat gambar 1. Sungai Brisbane dan Situasi Kota Brisbane
 
   
  
Terdapat tiga Perusahaan yang mengelola Sistem Penyediaan Air Minum di Kota Brisbane mulai dari pengelolaan waduk sebagai sumber air baku, IPA, transmisi Air Minum dan Distribusi Air Minum. Sebagai gambaran, berikut ini adalah Struktur Organisasi Sistem Penyediaan Air Minum di Kota Brisbane.
 
Di sini tempat Gambar 2. Struktur Organisasi Sistem Penyediaan Air Minum di Kota Brisbane.
 
Pada bagian hulu Pemerintah Negara Bagian Queensland  melalui South East Queensland  Water (SEQ Water) memiliki tanggung jawab pada pengelolaan waduk (waduk Wivenhoe dan Somerset) dan manajemen area resapan air (catchment area) dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Reservoar Cameron Hill untuk kebutuhan Air Minum di 11 Pemerintahan Lokal di sebelah tenggara Queensland termasuk Kota Brisbane di dalamnya.
 
Link Water bertanggung jawab dalam hal transmisi air minum dari Reservoar Cameron Hill dengan jarak 60 km hingga Reservoar pelayanan di Kota Brisbane.  Terdapat sebanyak 35 Reservoar pelayanan di Kota Brisbane.
Di bawah Pemerintah Kota (Brisbane City Council) terdapat ‘Brisbane Water’ yang bertanggung jawab dalam hal pendistribusian air minum hingga seluruh pelanggan. Sedangkan “Water Retail” bertanggung jawab dalam hal pembacaan meter (penagihan rekening). 
Perusahaan lain yang berada di Pemerintah Negara Bagian Quensland adalah “Water Secure” yang mengelola desalination plant dan purified recycled water seperti Tugun Desalination Plant di  Gold Coast dan Recycle Water Advanced Treatment Plant di Bundamba.  
 
Brisbane Water, mendistribusikan air minum untuk penduduk kota dengan Kapasitas Distribusi sebesar 250 Juta Liter/hari atau setara dengan 2.875 liter/detik. 
Air yang telah diolah (bulk water) dan siap minum diperoleh  dari IPA West dan East sebesar 175 Juta Liter/hari (70%) yang berjarak sejauh 60 km dari Kota Brisbane dan dari IPA North Pine yang berjarak sejauh 30 km sebesar 75 Juta Liter/hari (30%). IPA West (Q produksi 250 Juta Liter/hari) and IPA East (Q produksi 750 Juta liter/hari) sendiri dibangun pada tahun 1917 sementara  Brisbane Water didirikan pada tahun 1920. IPA North Pine dibangun pada tahun 1974 dengan kapasitas produksi 250 Juta Liter/hari.
 
Berdasarkan data terakhir dari Brisbane Water pada bulan September 2009, terdapat 318.000 sambungan rumah tangga dan 30.000 sambungan komersil/industri/fasilitas umum. Hanya sekitar 2.000 rumah (0.5% dari penduduk kota) yang tidak mendapatkan pelayanan air minum dari Brisbane Water dan menggunakan air hujan maupun air tanah untuk keperluan sehari-hari. Berdasarkan statistik dalam setiap  rumah terdapat 2.7 jiwa dan rata-rata konsumsi per orang adalah sebesar 120 liter/orang/hari.
 
Gambar 3. Daerah Pelayanan Distribusi Air Minum di Kota Brisbane
 
Brisbane Water menggunakan teknologi pengumpulan data yang disebut ‘telemetry’ untuk memonitor volume air dalam reservoir, tekanan dan debit air pada titik vital sistem distribusi dan beberapa pompa pada rumah pompa. Sistem telemetry dikendalikan dari ruang control Brisbane Water. Terdapat 120 Distrik Meter Area (1 DMA terdiri dari 3.000-5.000 sambungan) untuk memudahkan kontrol pendistribusian air dan penurunan kehilangan air.  Pemetaan data pelanggan dilakukan dengan aplikasi GIS. Sedangkan sistem analisa tekanan dan kehilangan air menggunakan software WaterGems.
 
Di sini tempat Gambar 4a dan 4b..
Gambar 4. Sistem Kontrol Distribusi Air Minum di Kota Brisbane.
   
 
Sistem distribusi air minum di Kota Brisbane menggunakan tenaga gravitasi sebanyak 65% dan 35% menggunakan tenaga pompa. Kota Brisbane sendiri mempunyai elevasi yang berbukit-bukit dengan rata-rata eleveasi sebesar 40 m di atas permukaan laut (dpl). Elevasi tertinggi adalah 200 m dpl. 
 
Terdapat lebih dari 6,200 kilometer panjang pipa distribusi dengan diameter  mulai dari 80 mm hingga 1,650 mm dari jenis PE, PVC,  ACP dan Steel.
 
Tingkat kehilangan Air (NRW) rata-rata selama 5 tahun terakhir sebesar 13% (100 liter/sambungan/hari) dengan kehilangan komersil sebesar 2.60%.  Pencegahan kehilangan Air (khususnya kehilangan fisik) dilakukan dengan monitoring aliran Minimum Malam hari (Minimum Night Flow) pada setiap DMA. 
Sistem penyediaan air minum di Kota Brisbane dapat dikatakan berjalan dengan baik dengan indikasi air siap minum pada setiap keran pelanggan dan mempunyai tekanan yang baik minimum 21 m pada setiap pelanggan. **
 
Sahat P. Siagian, ST
PDAM Tirta Mayang Kota Jambi 
Peserta Beasiswa International Water Centre 2009