^Back To Top

TUGAS POKOK PDAM TIRTA MAYANG
Menyelenggarakan pengelolaan air minum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mencakup Aspek Sosial, Kesehatan dan Pelayanan Umum.

FUNGSI PDAM TIRTA MAYANG

A.  Fungsi Produksi

  1. Mengusahakan pengadaan/ penyediaan air minum sesuai dengan Program Pembangunan Pemerintah Kota Jambi
  2. Membangun, mengelola dan memelihara Bangunan Sadap (intake) dan Instalasi Pengolahan Air serta tempat penyimpanan air.
  3. Membantu membangun dan atau memberi bantuan teknis penyediaan air minum melalui pemanfaatan mata air atau sumur dalam (deep well), yang dipergunakan untuk keperluan penduduk.
  4. Mengadakan penelitian laboratoris terhadap sumber dan produk air minum sesuai dengan standar baku mutu kesehatan.

B.  Fungsi Distribusi

  • Membangun dan memelihara pipa distribusi induk, pipa retikulasi dan pipa dinas serta fasilitas lainnya.
  • Mengatur serta mengawasi distribusi dan pemakaian air.

C.  Fungsi Penjualan

Menagih uang rekening air dan penghasilan non air lainnya baik yang dilaksanakan sendiri maupun kerjasama dengan pihak ketiga.

D.  Fungsi Pelayanan

  • Pengumpulan data untuk proyeksi kebutuhan air dan penjualan serta penyusunan tarif air.
  • Melayani permintaan langganan air minum dari masyarakat untuk perumahan, perusahaan, hotel, keperluan sosial, dll, dengan pemasangan instalasi dan meter  air.
  • Mengambil tindakan terhadap adanya pemakaian air yang tidak syah (kerjasama dengan Poltabes Jambi),  melakukan tera meter air (kerjasama dengan metrologi), menyegel, dan membongkar instalasi serta meter air.
  • Menyediakan air dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan fasilitas kota seperti untuk penanggulangan bahaya kebakaran, pemeliharaan taman, dan sebagainya.
  • Membantu Pemerintah Kota dalam  rangka  mengatur, memberikan izin dan mengawasi usaha-usaha instalasi air minum (instalatur) di wilayah Kota Jambi.
  • Meningkatkan mutu ketrampilan dan kesejahteraan pegawai dalam pengembangan karier untuk meningkatkan produktifitas dan pelayanan umum.