^Back To Top

Graha Tirta Pusat Pelayanan PDAM

Graha Tirta PDAM Tirta Mayang Kota Jambi merupakan bangunan yang disediakan oleh PDAM sebagai pusat pelayanan bagi pelanggan dan masyarakat Kota Jambi yang refresentatif dan nyaman bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi pelanggan, pembayaran tagihan rekening air, pengaduan gangguan pengaliran air maupun layanan administrasi lainnya, sehingga pelanggan dapat dengan mudah dan cepat terlayani.

Graha Tirta ini terletak di jalan Letkol Slamet Riyadi Broni Jambi dan berada dalam satu areal kawasan dengan Instalasi Pengolahan Air Benteng, bersebelahan dengan Puskesmas Putri Ayu dan Sekolah Dasar Islam Al-Falah. Graha Tirta ini juga berseberangan jalan dengan Museum Perjuangan Rakyat Jambi.

Graha Tirta merupakan bangunan lama yang direnovasi yang sebelumnya merupakan rumah dinas Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi pada tahun 1980-an dan pada tahun 1991 setelah diresmikannya Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Benteng oleh Wakil Presiden RI saat itu yaitu Bapak Try Sutrisno, gedung ini digunakan sebagai tempat pengaduan bagi pelanggan khusus gangguan pengaliran air.

Gedung Graha Tirta ini direnovasi pada kepemimpinan Bapak Ir. H. Firdaus selaku Direktur Utama PDAM dan diresmikan oleh Bapak Walikota Jambi saat itu (dr H. Bambang Priyanto) yaitu pada tanggal 24 April 2012 dengan tujuan untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah dan terukur sehingga dapat terwujudnya pelayanan prima di bidang pelayanan air minum untuk masyarakat guna mencapai visi dan misi PDAM Tirta Mayang Kota Jambi.

Pendirian Graha Tirta ini dilatarbelakangi juga, karena selama ini apabila calon pelanggan dan pelanggan PDAM Tirta Mayang ingin memperoleh informasi, pengaduan, dan pelayanan lainnya terkesan susah untuk ditindaklanjuti dan kurang transparan. Hal ini menyebabkan pelanggan dan calon pelanggan enggan berurusan dengan PDAM sehingga penilaian kinerja PDAM oleh masyarakat dianggap tidak profesional.Kegiatan Penerimaan Layanan di gedung Graha Tirta dikoordinir oleh seorang Koordinator Pelayanan Terpadu di Bagian Hubungan Pelanggan. Adapun pelanggan dapat memperoleh layanan sebagai berkut:

  • Penerimaan Pembayaran Tagihan Rekening Air baik bulan berjalan maupun tunggakan.
  • Penerimaan Pembayaran Tagihan Non Air seperti: biaya balik nama, penggantian meter, pemeriksaan air, tera meter, putus sementara dan lain-lain.
  • Permohonan Pendaftaran Sambung Baru, Balik Nama, Perubahan Golongan, Penggantian meter air, tera meter, putus sementara.
  • Penerimaan pengaduan/ komplain pelanggan mengenai K3 (kapasitas, kualitas, dan kontinuitas) air.
  • Informasi-informasi tentang pelayanan, tarif air/non air, tagihan, gangguan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penyediaan air minum.

 

Gedung ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan/ masyarakat yang ingin memperoleh layanan PDAM, seperti ruang tunggu yang dilengkapi dengan fasilitas Televisi, didukung dengan perangkat teknologi informasi seperti queue system (mesin antrian otomatis), sehingga dapat memberikan kepastian bagi pelanggan dalam memperoleh layanannya dan telah disediakan juga kotak saran bagi pelanggan/masyarakat yang ingin menyampaikan keluhannya atas layanan yang disediakan di Graha Tirta. Selain itu juga di gedung ini disediakan leaflet, brosur, pengumuman, prosedur layanan sehingga memudahkan bagi pelanggan untuk memperoleh informasi yang diperlukan.


Dengan adanya Graha Tirta sebagai pusat pelayanan terpadu di PDAM, pelanggan dan calon pelanggan PDAM Tirta Mayang dapat memperoleh informasi secara jelas dan transparan, mengetahui progress (perkembangan) pendaftaran layanan atau permasalahan yang disampaikan seperti tahapan proses dan biaya sambung baru, tindak lanjut atas pengaduan, perhitungan tagihan rekening air dan biaya-biaya pelayanan lain yang telah diputuskan sesuai dengan Surat Keputusan Direksi PDAM Tirta Mayang. Jika semua itu sudah dapat dipenuhi oleh PDAM Tirta Mayang Kota Jambi dan telah dapat mencapai motto "Kepuasan Pelanggan Tujuan Kami", diharapkan PDAM Tirta Mayang Kota Jambi bisa menjadi perusahaan yang handal dan mandiri dan kebanggaan masyarakat Kota Jambi khususnya. (DEW)