^Back To Top

PDAM TIRTA MAYANG KOTA JAMBI SEBAGAI MITRA KERJA TERBAIK DALAM KATEGORI
PENGEMBANGAN LAYANAN SISTEM ONLINE PAYMENT POINT (SOPP) POS
 
Oleh Dra. Hj. Yusnidar 
Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Tirta Mayang Kota Jambi
 
Dalamrangka peningkatan pelayanan pada masyarakat pelanggan, PDAM Tirta  Mayang Kota Jambi telah berupaya untuk memenuhi keinginan pelanggan dengan tercapainya K3 (Kualitas, Kontinuitas, Kwantitas) tentunya sejalan dengan tercapainya K3 PDAM Tirta Mayang Jambi juga meningkatkan pelayanan secara administrasi salah satunya dalam bentuk pembayaran rekening air minum secara Online yang bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia.
Dengan bertambahnya jumlah pelanggan dari tahun ke tahun serta bertambahnya luas wilayah pelayanan air minum sangat menyulitkan pelanggan untuk  melakukan pembayaran rekening air di loket-loket pembayaran PDAM serta memerlukan antrian yang cukup panjang dengan waktu jam buka loket yang sangat terbatas serta pengiriman data ke loket–loket menggunakan Flash Disk yang sangat rentan terhadap kerusakan fisik dan kehilangan data pembayaran serta tingginya biaya ATK pembuatan rekening air.
 

Direktur Utama PDAM Tirta Mayang Kota Jambi Ir. H. Agus Sunara tengah menerima  Piagam Penghargaan sebagai Mitra Kerja Terbaik dari Direksi PT. Pos Indonesia (Persero) yang diserahkan oleh Kepala Wilayah Usaha Pos III di Palembang
 
pada tanggal 3 Maret 2008.  
 
Dengan dilatarbelakangi oleh hal-hal diatas dan diiringi dengan kemajuan teknologi, PDAM Tirta Mayang  Kota Jambi membuat terobosan baru dengan melakukan pembayaran rekening air secara On Line yang bekerjasama dengan  PT. Pos Indonesia terhitung sejak bulan Februari 2007 yang salah satu tujuannya adalah  memudahkan pelanggan dalam membayar rekening air dan tidak pada satu tempat saja, adapun manfaat kerjasama antara lain:
  • PT. Pos Indonesia mempunyai jaringan yang On Line seluruh Indonesia memudahkan pelanggan untuk membayar rekening  air pada loket pos di Kota Jambi (tidak berdasarkan wilayah Kecamatan lagi), bahkan di seluruh kantor pos yang sudah  On Line.
  • Menghemat biaya kunjungan pelanggan ke loket karena di kantor pos dapat sekaligus membayar listrik, telepon dan lain  sebagainya.
  • Dana tagihan langsung ditransfer ke Bank oleh PT. Pos Indonesia.
  • Informasi penerimaan secara real time diperoleh PDAM.
Dengan berlangsungnya kerjasama antara PDAM Tirta Mayang dengan PT. Pos Indonesia  selama kurun waktu 1 (satu) tahun telah dirasakan kemudahan  yang sangat berarti untuk pelanggan yang salah satunya menghindari antrian yang cukup panjang serta jangka waktu pembayaran lebih lama karena loket pembayaran setiap hari Sabtu tetap buka.
 
Direktur Utama PDAM Tirta Mayang Kota Jambi Ir. H. Agus Sunara (keempat dari kiri) bersama Kepala Wilayah Usaha POS III dan Mitra Kerja PT. POS Indonesia (Persero) lainnya. 
 
Sebagai wujud nyata PDAM Tirta Mayang Kota Jambi melakukan upaya perbaikan pelayanan pada masyarakat pelanggan  pada tanggal 3 Maret 2008 Direksi PT. Pos Indonesia (Persero) Kepala Wilayah Usaha Pos III Palembang memberikan Penghargaan kepada PDAM  Tirta  Mayang  Kota Jambi  sebagai ”MITRA KERJA TERBAIK DALAM KATEGORI PENGEMBANGAN LAYANAN SYSTEM ONLINE PAYMENT POINT (SOPP) POS" dan PDAM Tirta Mayang Kota Jambi adalah pencetus pertama se-Indonesia  atas  kerja  sama dengan PT. Pos Indonesia dalam pembayaran rekening air minum.
 
Dengan diterimanya penghargaan tersebut tentunya akan menjadi tantangan di masa yang akan datang dan diharapkan dapat mempertahankan pelayanan yang ada serta berusaha terus meningkatkan pelayanan  baik dari sisi teknis (K3) maupun administrasi dan lain sebagainya. PDAM Tirta Mayang Kota Jambi sangat mengharapkan peran serta masyarakat pelanggan untuk mendukung kelangsungan operasional PDAM dengan cara menjaga aset-aset PDAM dan memberikan informasi–informasi yang ditemukan di lapangan antara lain kebocoran pipa, pencurian air  dan lain–lain.